021-89930945 / 082312277726
palletindocileungsi@gmail.com

Jenis Kayu Keras dan Lunak Dalam Pembuatan Pallet Kayu

Dalam menghasilkan pallet yang berkualitas, bukan hanya dibutuhkan sdm dan fasilitas yang baik dan mumpuni tapi tentunya harus menggunakan bahan baku kayu yang berkualitas pula, oleh karena itu, berikut jenis kayu yang kami gunakan :

Kayu Keras
Kayu keras berasal dari pohon yang bijinya terdapat di dalam badan buah. Ciri lainnya, biasanya memiliki daun yang lebar dengan banyak pori-pori sehingga membentuk kontruksi kayu yang sangat kuat. seperti Kayu afrika, Kayu sobsi, Kayu manii, Kayu mindi, Kayu kecapi, Kayu akasia, Kayu duren, Kayu salam.

Kayu keras ini termasuk kayu yang sering kami gunakan dalam pembuatan pallet dengan kualitas Export. Mereka menggunakannya karena memiliki kepadatan dan struktur yang lebih rapat, hingga lebih keras.

Proses pengeringan kayu Keras lebih lama daripada kayu lunak. Hal ini karena pohon (kayu keras) memiliki banyak pori-pori untuk menyerap air. Sehingga volume kadar airnya sangat banyak. Pori-pori kayu memiliki sifat higroskopis yaitu sel-sel yang memiliki kekuatan untuk menghisap air dan juga mengeluarkannya. Hal ini kita bisa lihat dari pori-pori daun yang sangat banyak dengan bentuk daun yang lebar.

Kayu Lunak
Sedangkan ciri-ciri dari kayu lunak yaitu berasal dari jenis pohon yang bijinya tidak memilki atau ditutupi oleh daging buah, seperti pohon albasia. ciri lainnya, biasanya memiliki daun yang berbentuk lonjong dan kayunya berwarna putih. Seperti Kayu sengon/albasia.

Biasanya kayu lunak memiliki sel dengan ukuran yang lebih lebar atau yang dinamakan sel jari-jari. Hal inilah yang menjadi ciri khas kayu lunak (hanya memiliki sel) dan tidak memiliki pori-pori. Sehingga tingkat kerapatan pada selnya lebih rendah dan tekstur kayu lebih lembut.

Dari segi pertumbuhan, kayu lunak memiliki pertumbuhan lebih cepat karena daunnya tidak rontok sehingga konsentrasi fotosintesis tidak terganggu. Bahan baku kayu lunak biasanya lebih banyak dijadikan untuk pembuatan kerajinan tangan, kertas dan lainnya.
Nah kami juga sering menggunakan kayu lunak untuk produksi pallet, tentunya sesuai dengan permintaan costumer.

Semoga bermanfaat ^_^

Respond For " Jenis Kayu Keras dan Lunak Dalam Pembuatan Pallet Kayu "

  • Reydhi Suwanda October 17, 2020 08:54

    Terima kasih infonya.
  • Komarudin October 19, 2020 16:12

    Sangat rekomendasi.. thanks infonya.
  • zUQwjhgfDsRZpTo May 20, 2021 16:43

    btLKkHAUjmJioOfF